Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menentukan Blog Apa Yang Akan di Buat

Bagaimana cara menentukan blog yang akan miau lovers buat? Ini merupakan tahap permulaan dari semua proses SEO. Artikel ini merupkan bagian dari program dalam melakukan SEO secara bertahap step by step. Jadi bila miau lovers merupakan blogger yang benar-benar newbie alias pemula, miau sangat merekomendasikan untuk memulai dari artikel melakukan SEO secara bertahap supaya mendapat gambaran secara jelas dan utuh.


Bagaimana cara menentukan niche blog

Sekarang mari memulai dari titik nol saja. Anggaplah miau lovers belum memiliki blog. Kalaupun sudah memiliki sedikit pengetahuan tentang SEO, miau harap bisa melupakan semua itu terlebih dahulu. Kosongkan gelas miau lovers dari air pengetahuan SEO yang selama ini sudah di pelajari, kira-kira filosofinya seperti itu. Karena dari pengalaman miau, mencampur adukkan teori SEO dari sana sini justru menjadi bencana untuk blog kita. Bila sudah siap, langsung saja mulai dengan hal yang pertama.

#1 Memilih Konten Original Atau Copy Paste?
Ini merupakan hal pertama saat membuat blog, yaitu menentukan apakah blog kita itu akan memuat konten original atau copy paste. Penentuan ini cukup penting bagi SEO kita nantinya. Kalau miau lovers memilih blog dengan konten original, maka optimisasi SEO akan bisa lebih mudah, karena artikel-artikel miau lovers akan unik di mata google. Hanya saja kesulitan dari blog seperti ini ada pada aktifitas membuat konten. karena terkadang para blogger juga kehabisan ide dan tentu saja ‘malas’.

Bagaimana cara menentukan niche blog

Berbeda jika miau lovers membuat blog dengan artikel copy paste. Blog copy paste sangat praktis karena hanya mengcopy artikel dari blog lain. Namun di sisi lain optimisasi SEO bisa sangat sulit. Jika optimisasi SEO yang dilakukan sama, maka biasanya anda harus memposting artikel hingga 20 kali lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang sama. Dan tentu saja beresiko terhadap baned google.

Jadi kalau Miau lovers ingin membangun sebuah blog copy paste, pastikan miau lovers cukup rajin melakukan copy paste. Tentu saja blogger yang miau lovers copy karyanya tidak akan senang, jadi resikonya sendiri jika sampai dilaporkan ke DMCA protection lalu dibanned dari indeks Google. Itu adalah resiko tambahan dari sebuah blog copy paste tersebut.

#2 Memilih Blog Gado-Gado Atau Blog Niche Tertentu
Sekarang kita akan membahas mengenai "topik" atau oleh blogger disebut dengan istilah niche. Kata niche itu sendiri sering digunakan karena menyangkut segmentasi pasar. Dengan kata lain tujuan niche sendiri adalah untuk menentukan segmentasi pasar dari blog miau lovers nantinya. Kesalahan dalam memilih niche bisa berarti pasar yang sangat sempit.
Bagaimana cara menentukan niche blog

Sebagai contoh bila seseorang melihat suatu blog yang mengangkat niche "download gratis" kemudian sukses besar. Lalu dia berpikir ingin membuat blog dengan niche "Cara Sukses Berternak Sapi". Sangat sulit bagi blognya untuk bisa sesukses blog yang pertama tadi, karena sejak awal pasarnya memang sudah berbeda jauh. Dalam dunia nyata jauh lebih banyak orang yang melakukan download setiap harinya daripada yang menggeluti usaha peternakan sapi.

Tapi perlu miau lovers ketahui, biasanya blog dengan niche yang sangat besar, juga memiliki tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Dengan demikian dibutuhkan optimisasi SEO yang sangat berat untuk bisa mendongkrak blog kita ke posisi terbaik dan mendapatkan traffic tertarget yang tinggi. Kesimpulannya pilihlah niche yang sesuai dengan kemampuan kita dalam melakukan optimasi SEO.

Ubah mindset menjadi “Lebih baik mendapat puluhan pengunjung yang positif buyer semua daripada mendapat ribuan pengunjung yang hanya sekedar main ke blog kita”. Banyak blogger yang ingin bersaing di topik yang berat, namun kemampuan optimisasinya hanya kelas newbie. Jadi yang semula niatnya mau mendapat ribuan pengunjung, malah berakibat pada traffic yang sangat sedikit dan tidak menghasilkan.

Lalu bagaimana dengan blog yang isinya gado-gado atau campuran? Blog gado-gado tentunya akan membutuhkan optimisasi SEO yang juga cukup berat. Biasanya mbah Google akan kesulitan menilai tema utama dari blog campuran tersebut, karena variasi dari kata kunci yang terlalu beragam. Oleh karena itu blog campuran akan membutuhkan lebih banyak artikel, lalu pada masing-masing artikel tersebut harus diberi label sesuai dengan temanya.

Jadi sampai disini, blog apakah yang ingin miau lovers buat?
• Apakah Blog original dengan niche mudah?
• Apakah Blog original dengan niche sulit?
• Apakah Blog original dengan niche campuran?
• Apakah Blog copy paste dengan niche mudah?
• Apakah Blog copy paste dengan niche sulit?
• Blog copy paste dengan niche campuran?

Penting untuk di perhatikan NICHE CAMPURAN, dan KONTEN COPY PASTE akan menambah tingkat kesulitan miau lovers pada tahap keempat yaitu SEO OFFPAGE. Saran miau, mulailah dari tipe blog yang paling mudah terlebih dulu sambil terus memperbanyak koleksi backlink berkualitas dan mengasah kemampuan para miau lovers berburu backlink berkualitas. Semakin baik kemampuan miau lovers dalam menemukan backlink, maka miau lovers bisa naik secara bertahap to the next level.

#3. Pilih Kata Kunci atau Pilih Label
Saat menggunakan blog yang menggunakan niche khusus maupun niche campuran, sebaiknya sudah sejak awal di rencanakan. Bila blog miau lovers memiliki niche khusus, maka tentukanlah terlebih dulu apa kata kunci utamanya, lalu apa kata kunci pembantunya. Untuk mempelajari lebih jauh tentang kata kunci ini dengan lebih mendetail silahkan membaca artikel cara melakukan riset kata kunci.
Bagaimana cara menentukan niche blog

Bila blog miau lovers menggunakan niche campuran, maka sejak awal tentukanlah sub-sub pembahasan yang akan miau lovers lakukan, untuk di jadikan label. Misalnya miau lovers membuat blog yang berisi berita, miau lovers bisa memakai sub-sub politik, hukum, berita selebriti, ekonomi, teknologi, sosial budaya, dan lain sebagainya sebagai label dari blog miau lovers tersebut.

#4 Memilih Nama URL Homepage
Dalam hal pemilihan nama domain blog banyak sekali blogger yang melakukan kesalahan dengan menggunakan nama domain asal-asalan untuk blognya. Padahal nama domain tersebut bisa amat sangat membantu dalam melakukan optimisasi kata kunci. Pada sisi lain, bagi miau lovers yang menaruh kata kunci di dalam nama URL harus diperhatikan bahwa mbah Google telah melakukan update algoritma EMD. Jadi miau lovers harus benar-benar memperhatikan kualitas konten jika ingin menggunakan nama domain yang mengandung kata kunci. 

Bagaimana cara menentukan niche blog

#5 Pakai Domain Sendiri Atau Gratisan?
Misalkan miau lovers telah menentukan type blog yang akan di buat. Pertanyaan selanjutnya adalah. Apakah miau lovers akan menggunakan subdomain gratisan, ataukah membeli domain berbayar?

Mungkin miau lovers bingung tentang keunggulan masing-masing pilihan ini. Kalau miau lovers ingin memakai domain gratis, tentu saja tidak perlu keluar biaya apapun. Ini memang banyak menjadi pilihan blogger pemula, yang masih sibuk bereksperimen dan otak-atik dalam ngeblogging.

Lalu apa kelebihan jika menggunakan domain berbayar? Kelebihannya ada tiga: pertama, miau lovers bebas menentukan nama domain yang sesuai dengan kata kunci blog miau lovers (ini sangat besar pengaruhnya dalam poin SEO). kedua: Blog terkesan lebih profesional dan bukan sekedar amatiran yang bereksperimen dalam dunia maya. Ketiga: blog tidak khawatir akan di baned sepihak oleh penyedia blog gratisan seperti blogspot.com, wordpress.com dll. karena melanggar TOS mereka yang agak ketat.

Poin yang kedua dan ketiga ini sangatlah penting bagi yang ingin berbisnis online. Jangan menggunakan domain gratisan untuk bisnis online miau lovers, karena itu bisa membuat ragu konsumen. Dan ada kisah nyata dari kenalan miau yang menggunakan blog gratisan untuk bisnis online dia telah menghasilkan 30 juta perbulan namun di tutup tiba-tiba oleh penyedia layanan blog gratisan secara sepihak. Bagi miau lovers yang tertarik menggunakan domain berbayar bisa membaca artikel Bagaimana cara mengganti blogspot ke domain sendiri.

Sekarang miau ambil kesimpulan dan point pentingnya:
• Konten original atau duplikat?
• Niche khusus atau campuran?
• Kompetisi berat atau ringan?
• Apakah kata kunci atau sub topik yang ingin miau lovers bangun?
• Apakah nama domain URL sudah SEO friendly?
• Apakah domain pilihan miau lovers menggunakan yang gratis atau berbayar?

Miau harap artikel ini dapat membantu miau lovers untuk lebih memahami resiko-resiko dari setiap pilihan yang miau lovers buat nanti. Jika miau lovers telah memutuskan ke 6 hal di atas, maka saatnya masuk ke Tahapan ke 2 dari 3 tahap SEO, yaitu Optimisasi SEO Onpage.

Annisa
Annisa Paket 30 Ilmu Pelet Paling Ampuh dan Minyak Pelet Birahi adalah produk keilmuan situs Kitab keilmuan Nusantara yang paling banyak diminati.

Post a Comment for "Menentukan Blog Apa Yang Akan di Buat "