Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Bagaimana cara untuk mendapatkan backlink gratis atau backlink berbayar dan berkualitas? Ini merupakan tahapan penting dalam SEO yang wajib anda ketahui. Backlink berkualitas untuk optimisasi SEO memang tidak mudah untuk mendapatkannya. Backlink juga merupakan indikator utama dalam perhitungan peringkat hasil pencarian atau SERP oleh semua search engine.


Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Terkadang ada beberapa blogger ataupun master SEO yang di anggap pelit oleh seorang pemula karena mereka tidak mau membagi backlinknya. Sebenarnya dalam kasus ini yang salah adalah blogger pemula. Karena berbagi data backlink itu sama saja membunuh blog sendiri atau blog client.

Para Pemula ini seharusnya berusaha mencari backlink sendiri dan bukan malah berharap seorang webmaster mau membagi backlinknya dengan intimidasi kata "pelit". Untuk itu di sini akan membagikan cara-cara yang bisa digunakan untuk mencari backlink. Tapi tetap saja tidak instan untuk mendapatkannya, karena di butuhkan usaha dan ketekunan.

Disamping itu harus di pahami bahwa semua metode untuk membangun backlink di luar cara-cara yang alami tergolong sebagai teknik seo yang sebenarya tidak dibenarkan oleh Google. Melakukan teknik backlinking di bawah atau tidak adalah pilihan Miau Lovers sendiri.

Faktor Penting Dalam Membangun Backlink 

Beberapa faktor yang harus Miau Lovers perhatikan dalam membangun backlink. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Backlink yng anda pasang harus Dofollow. Bila belum tahu mengenai dofollow, silahkan baca saja mengenai apa itu nofollow dan dofollow
  • Backlink blog anda sebaiknya bersifat one way backlink atau backlink satu arah (bukan dengan tukaran link dengan blog lain)
  • Kata kunci atau anchortext backlink harus bervariasi (setidaknya 5 variasi kata kunci untuk satu halaman optimasi)
  • Pertambahan jumlah backlink sebaiknya cenderung konsisten. Jadi lebih baik pasang 100 backlink perhari selama 100 hari, daripada memasang backlink 10000 backlink sekaligus dalam sehari.
  • Backlink tersebut sebaiknya 90% menuju homepage blog dan 10% diarahkan ke artikel-artikel terpenting dalam blog kita. Atau halaman tertentu untuk di optimasi.
  • 10 backlink dari halaman PR2 lebih baik dari satu backlink halaman PR4. meskipun PR yang dialirkan bisa lebih besar tapi jumlah voting Anchortext lebih sedikit. Padahal voting dari anchortext ini yang akan membantu spesifikasi dari kata kunci suatu halaman situs.
  • Fokus berburu backlink berkualitas tinggi tidak harus di lakukan, backlink dengan kualitas biasa juga dapat membantu asalkan jumlahnya banyak dan mostly dofollow tentunya. Jika ingin mengetahui ciri-ciri backlink berkualitas, silahkan baca penjelasannya lengkapnya mengenai hal tersebut.

Metode Mendapatkan Backlink dengan Gratis 

Sebenarnya Ada beragam cara yang dapat di gunakan untuk mendapat backlink secara gratis. Tapi jika semua teknik itu dibagikan sekarang, maka pasti membuat para blogger pemula menjadi pusing dan bingung. Jadi akan di berikan hal-hal dasar saja (ini juga mungkin akan membuat pusing kebanyakan bloger pemula). Berikut merupakan beberapa cara untuk mendapatkan backlink gratis:

  1. Komentar dan meninggalkan backlink di blog Dofollow manapun
  2. Membangun banyak dummy blog dari website 2.0 atau freeblog
  3. Komentar dan meninggalkan backlink di forum dofollow manapun
  4. Posting artikel blog yang di buat pada Social Bookmark Dofollow

Sekarang coba kita bahas satu demi satu

Komentar di blog Dofollow

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Ini merupakan hal yang paling praktis. Anda cukup mencari blog dofollow manapun untuk berkomentar dan meninggalkan backlink di sana. Cukup dengan googling untuk mendapatkan daftar blog dofollow. Blog ini ada yang menggunakan domain gratis ada juga yang berbayar. Blog berdomain .edu atau .gov untuk situs pendidikan dan pemerintahan juga bisa di temukan. Hany saja banyak dari blog ini yang telah berubah kembali menjadi nofollow karena kesal dengan kelakuan para spamer ataupun blogger pemula yang berkomentar basa basi dan hanya sekedar meninggalkan backlink semata.

YANG HARUS DI LAKUKAN:

Silahkan cari di Google dengan mengetik kata kunci Daftar Blog Dofollow untuk mendapatkan daftar blog yang dofollow. Kunjungi blog tersebut satu per satu dan mulailah berkomentar sesuai dengan pembahasan yang ada di sana. Gunakan kata kunci halaman blog Miau Lovers sebagai NAMA saat berkomentar. Ini adalah metode yang paling dasar dalam mendapatkan backlink.

KELEMAHAN DARI METODE INI:

Daftar backlink dofollow gratis yang banyak ditawarkan kebanyakan hanya 30% saja yang sifatnya masih dofollow. Jadi kemungkinan 70% komentar backlink anda akan berakhir sebagai komentar backlink nofollow (no value and no link juice).

Sebagai Bloger pemula memang harus menghabiskan banyak waktu untuk mensortir blog yang dofollow dan blog nofollow untuk di kumpulkan. Sulit dan merepotkan? Tentu saja, tapi justru itu akan membuat miau lovers memahami kenapa blogger lain tidak mau berbagi daftar backlinknya begitu saja kepada orang lain. Jadi hormatilah hal ini.

Apakah anda Pernah membaca judul artikel atau posting di forum yang kira-kira seperti ini "1 juta backlink gratis dari blog dan forum"? Untuk para pemula pastinya akan sangat senang sekali mendapatkan backlink dalam jumlah banyak dan gratis". Tetapi pada faktanya ternyata hampir seluruhnya adalah link nofollow.

Apalagi bila di iming-imingi Pagerank 5 ke atas. Tetapi kenyataannya ternyata hanya homepage saja yang memiliki PR tinggi, sedangkan Real page tempat backlink belum tentu berpagerank. Dan sebenarnya yang memberi poin adalah pada halaman artikel tempat pemasangan backlink tadi.

Membangun Backlink Dari Dummy Blog

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Pengertian Dummy blog disini adalah blog gratisan buatan sendiri yang kita pasangi link menuju blog utama kita. Semua blog tersebut harus terindeks supaya dapat mengantarkan Googlebot menuju blog utama kita yang di optimasi. Para blogger yang mengikuti kontes SEO biasa juga melakukan ini, meskipun sebenarnya cara ini cukup menyita banyak waktu.

YANG PERLU ANDA LAKUKAN:
Buatlah sekitar 10-50 dummy blog, Manfaatkan blog gratis yang memiliki banyak platform, gunakan web 2.0 sesuai keinginan anda. Beberapa contoh web 2.0 adalah blogger, wordpress, weebly, page4.me, livejournal, blogetery, blogsome, edublogs, blog.com, tumblr, Yahoo Plus, Typepad, dan masih ratusan lagi banyaknya. Setelah semua dummy blog ini jadi, postinglah minimal 10 artikel pada masing-masing blog tersebut. Pasangkan juga link menuju blog utama atau halaman yang di optimasi pada halaman artikel masing-masing dummy blog. Atau bisa juga anda pasang pada sidebar.

Backlinklah homepage dummy blog tadi dan bila memasang pada artikelnya backlink juga di tiap halaman dummy blog tadi. (pilih salah satu cara saja) Minimal pasang 50 backlink untuk masing-masing dummy blog tadi (sukur-sukur bila menggunakan backlink berkualitas. Backlink ini bisa berasal dari link-link blog dofollow yang sudah di bahas sebelumnya. Setelah itu hubungkan masing-masing dummy blog dengan pasangkan link yang menghubungkan ke semua blog dummy tadi seperti rantai. Kira-kira seperti ini Blog 1 ke blog 2, blog 2 ke blog 3, ... dan seterusnya. Teknik ini biasa di sebut linkwheel.

KELEMAHAN METODE INI:
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Sudah pasti waktu yang di butuhkan sangat banyak dan tingkat kerepotan yang cukup tinggi untuk mengurus banyak dummy blog tersebut.Posting 10 artikel per blog tersebut harus menggunakan unik artikel artinya bukan hasil copas dari blog lain. Kesulitan yang utama adalah pada saat anda membacklink semua dummy blog tersebut dengan minimal 100 Backlink dofollow.


Mencari Backlink Dari Forum Dofollow


Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Pada Forum Online banyak juga yang mengizinkan link keluar yang bersifat dofollow.Ini merupakan salah satu sumber backlink. Kelebihan metode ini adalah link bersifat dofollow dan berasal dari domain yang memiliki reputasi sangat baik.

YANG PERLU ANDA LAKUKAN:
Pertama yang anda lakukan adalah MENDAFTAR ke berbagai forum Dofollow. Forum ini ada yang lokal dan ada yang Forum Asing. Bila mahir berbahasa inggris itu menjadi nilai tambah. Setelah melakukan PENDAFTARAN dan KONFIRMASI, lalu bisa segera mulai untuk posting di berbagai thread. Pada saat posting inilah bisa sekalian meninggalkan link di dalam postingan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh forum Indonesia:


  • http://forum.kompas.com/
  • http://forum.detik.com/
  • http://forum.chip.co.id/
  • http://forum.antaranews.com/
  • http://www.rumah123.com/forum/
  • http://forum.hon.co.id/
  • http://forum.vibizportal.com/
  • http://www.videogamesindonesia.com/forum/
  • http://forum.tempo.co/


KELEMAHAN METODE INI:
Kebanyakan dari forum tersebut memberi syarat posting minimal sebelum dapat meninggalkan backlink. Misal syaratnya minimal 15 posting dan ingin aktif di 10 forum, maka artinya harus posting 150 komentar tanpa backlink terlebih dahulu. Beberapa forum adalah merupakan komunitas dengan topik yang spesifik. Forum yang seperti ini akan diawasi oleh semua membernya. Jadi kita harus bisa menguasai materi, karena bila tidak tentu bisa dicacimaki para member lain. Bahkan beberapa forum akan membanned akun bila dipandang tidak memberi masukan yang baik. Jadi untuk aktif di banyak forum kita dituntut memiliki wawasan yang cukup luas.

Mendapatkan backlink dari social bookmark Dofollow
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Social Bookmark merupakan website yang dapat di gunakan untuk mempublikasikan tulisan-tulisan di blog kita. Beberapa situs social bookmark akan memberikan backlink dofollow ke blog yang memasang artikel di websitenya. Nilai plus dari situs seperti ini selain bisa mendapatkan backlink juga bisa mendatangkan traffic yang cukup banyak.


YANG PERLU DI LAKUKAN:
Buatlah akun di berbagai social bookmark yang dofollow. Setelah itu mulailah untuk memposting artikel pada situs-situs social bookmark tersebut. Sebelumnya perhatikan dua hal penting berikut sebelum memposting.

  1. Gunakanlah judul yang sangat provokatif, Judul tidak perlu sama dengan judul artikel di blognya, karena kita bukan sedang main SEO pada situs-situs ini.
  2. Agar tidak terjadi duplikat konten maka Buat ringkasan deskripsi yang berbeda dari artikel yang ada di blog.


Berikut adalah beberapa situs social bookmark berbahasa Indonesia:

  • http://qaafe.com
  • http://www.beritague.com
  • http://populerkan.com/
  • http://debuk.com/
  • http://bookmarkindonesia.com
  • http://www.bagiurl.com/


KELEMAHAN METODE INI:
Tidak banyak kelemahan dengan metoda ini, hanya saja masih sedikit sekali situs social bookmark yang dofollow. Selain itu proses login dan posting bookmark bisa jadi sedikit lebih merepotkan daripada komentar di blog. Jadi metode social bookmark ini gunakan sebagai pembantu program backlink kita dan bukan sebagai sumber utama.

Metode Mendapatkan Backlink Berbayar
Banyak sekali yang menawarkan jasa pemasangan backlink berbayar dari harga murah berkisar Rp.50.000 hingga Jutaan Rupiah. Miau Lovers harus selektif terhadap hal ini, sesuaikan juga dengan budget keuangannya, dan biasanya jasa backlink berbayar ini lebih cocok di gunakan untuk situs komersial jadi ada keuntungan finansial yang di dapat di sana. Miau Lovers juga bisa menggunakan jasa SEO sebagai pilihan lain untuk mengoptimasi situs, tetapi tentu saja ini sangat tidak murah karena bisa bernilai jutaan tergantung dari kekuatan kata kunci yang di inginkan.

Nah itu kira-kira yang bisa di lakukan sebagai Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas meskipun ini hanya cara dasar saja dan masih banyak lagi cara-cara lainnya yang bisa di lakukan. Tetapi karena ini di tujukan untuk para pemula maka cukup dengan cara di atas tadi maka miau lovers bisa mendapatkan backlink untuk optimasi situsnya.
Annisa
Annisa Paket 30 Ilmu Pelet Paling Ampuh dan Minyak Pelet Birahi adalah produk keilmuan situs Kitab keilmuan Nusantara yang paling banyak diminati.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas"