Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memPROMOSIkan Blog

Bagaimanakah cara untuk mempromosikan blog? Apakah ini menjadi pertanyaan para miau lovers? Pertanyaan ini juga muncul saat miau pertama kali ngeblog. Banyak blogger juga yang frustrasi karena blognya tidak kunjung ramai dengan pengunjung yang megal-megol menuju blognya. Apakah Miau lovers juga mengalami kesulitan yang sama seperti itu? Bila jawabannya iya berarti miau lovers juga belum mengetahui cara terbaik melakukan promosi blog.


Cara memPROMOSIkan Blog

Miau berharap artikel ini bisa membantu para miau lovers untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hanya saja cara ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. tips promosi blog di bawah ini memerlukan "waktu luang" yang cukup banyak. Jadi mengenai masalah management waktu sepenuhnya miau lovers yang mengaturnya sendiri.

Siap...., langsung saja Miau bahas masalah terkait promosi blog ini....

Faktor penting Apa Yang harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Promosi?


1. Blog yang akan dipromosikan menggunakan bahasa apa?
Bahasa artikel blog merupakan salah satu hal penting karena bila blog Miau Lovers menggunakan bahasa Inggris, maka area promosinya akan jauh lebih luas lagi jika di bandingkan dengan blog yang menggunakan bahasa Indonesia. Dan tentu saja blog dengan artikel berbahasa Inggris mempunyai potensi traffic atau pengunjung yang lebih banyak.

2. Apa tema dari blog yang akan dipromosikan?
Miau Lovers harus memahami bahwa tema tertentu, akan memiliki target pasar tertentu pula. Miau Lovers bisa mempelajari tentang pasar online dari tema yang di pakai, silahkan baca artikel riset kata kunci. Bila blog Miau Lovers memiliki tema yang beragam alias campuran, maka tentu saja potensi traffic bisa jadi jauh lebih besar. Hanya saja promosi blog Miau Lovers pun bisa menjadi beraneka ragam. Karena pada setiap artikel memiliki pasar yang berbeda tentunya.

Istilah Promosi blog berlebihan?


Menurut Miau sebenarnya tidak ada yang namanya promosi berlebihan. Kecuali yang di maksud dengan berpromosi itu adalah dengan memasang backlink dalam jumlah banyak dan ada di mana-mana. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Miau Lovers memasang link dengan menggunakan anchor text yang bervariasi (setidaknya dengan 5 variasi anchor text). Lalu pastikan pula pertambahan backlink dengan stabil. Dalam hal ini tentunya para pemula akan sedikit kesulitan, karena untuk menemukan situs yang bisa memberi backlink juga butuh sedikit pengetahuan dan jam terbang yang cukup. Silahkan baca artikel cara mendapatkan backlink jika Miau Lovers ingin mengetahui tentang cara mendapatkannya.

Bagaimana cara mempromosikan blog dengan benar? Apa saja yang bisa dilakukan secara gratis?

Cara memPROMOSIkan Blog

A. Promosikan blog anda di Facebook
Ikutilah tips berikut untuk mempromosikan blog anda dengan efektif melalui jejaring sosial facebook.

  1. Carilah teman FB sebanyak-banyaknya, jika memungkinkan carilah teman dari grup-grup facebook yang memiliki kaitan dengan tema blog Miau Lovers. Jika blog tidak menggunakan tema khusus, maka teman FB boleh dipilih Sembarangan. 
  2. Buatlah artikel blog dengan judul yang memprovokasi para pembaca, judul menarik untuk mengklik.... SEKALI LAGI! PILIH JUDUL YANG MEMPROVOKASI! (sangat di tekankan agar menggunakan hal ini, karena kunci utama mendapat klik dari teman facebook ada pada judul artikel yang memprovokasi dan unik serta menarik bikin penasaran). 
  3. Bagaimana potensi klik dan kunjungan ke blog yang bisa Miau Lovers peroleh? Anggaplah dalam 3 bulan bisa mendapatkan 2000 teman FB. Jika 1 dari 10 orang mengklik artikel yang di posting, maka blog Miau Lovers akan mendapatkan tambahan 200 orang pengunjung perhari. Cukup lumayan bukan dari sebuah metode promosi blog yang sederhana ini?

B. Berpromosi blog di Twitter 
Twitter juga sekarang telah menjadi salah satu andalan untuk mendapatkan visitor ke blog. Jadi silahkan gunakan juga situs social network micro blogging yang satu ini.

  1. Tantangan terbesar dari Twitter tentu saja adalah mendapatkan follower. Perlu anda ketahui bahwa akun twitter yang cukup laku dan banyak followernya biasanya akun twitter yang menawarkan postingan motivasi, kata-kata keren dan gaul, atau info-info singkat yang sedang hot. Jadi jika bisa buatlah akun twitter bertema seperti itu dan kelola seperti blog. 
  2. Ajaklah banyak orang untuk saling follow dan follow back 
  3. Jika Miau Lovers bisa disiplin, maka biasanya dalam waktu 6 bulan follower sudah lumayan cukup lumayan. Jika sudah memiliki banyak follower, maka selain postingan tweet rutin, Miau Lovers juga bisa sesekali menyisipkan tulisan artikel blog lengkap dengan URL yang di shortenlink atau di pendekkan dengan jasa goo.gl / adf.ly atau yang lainnya.

C. Berpromosi di Forum 
Terdapat banyak sekali forum di dunia maya. Bila blog Miau Lovers adalah blog dengan tema khusus, maka bisa mencari forum dengan topik yang sama dan tawarkan atau sharing URL artikel anda juga beserta sinopsisnya. Tetapi cara ini hanya menghasilkan sedikit pengunjung per topik, jadi Miau Lovers harus sering aktif di banyak topik.

Tips khusus bagi blog yang menawarkan produk atau jasa tertentu:
Jika blog Miau Lovers akan menawarkan produk atau jasa tertentu, maka bisa masuk ke dalam forum dan memposting artikel berkenaan tentang produk atau jasa yang di tawarkan. Bahkan bila mau, bisa juga memasang banyak backlink pada halaman promosi forum tersebut.

Memasang backlink pada halaman forum sebuah website yang sudah memiliki umur dan memiliki Pagr Rank tinggi bisa jadi jauh lebih mudah dan lebih aman daripada mencari backlink untuk blog Miau Lovers yang masih baru. Setelah halaman forum itu terindeks untuk peringkat yang lebih tinggi mungkin hanya dengan 100 link, sedangkan blog Miau Lovers berada jauh di bawah walaupun memiliki link sebanyak 200.

D. Promosikan Blog Dengan Blogwalking
Blogwalking adalah suatu kegiatan untuk mengunjungi blog yang memasang chat box ataupun kotak komentar. Jika miau lovers mengandalkan blogwalking, maka gunakanlah satu bulan pertama untuk mengoleksi alamat-alamat blog yang mempunyai chat box dan ramai di kunjungi orang. Bagaimana caranya mengetahui chat box blog itu ramai? Mudah saja, tinggal lihat tanggal komentar pada chat box tersebut. Kalau pada hari itu ada banyak komentar artinya blog itu ramai di kunjungi orang.

Usahakan dalam sebulan bisa mengantongi 300 chat box ramai. Bila masing-masing blog menyumbang 2-3 pengunjung ke blog Miau Lovers, maka itu berarti tambahan 600-900 orang pengunjung.

E. Promosikan blog anda di jejaring social bookmark
Terdapat banyak sekali situs social bookmark pada saat ini. Baik yang lokal maupun luar negeri. Perhatikan beberapa contoh daftar di bawah ini.

• InfoGue. PR 4
• Debuk. PR 2
• Qaafe. PR 4
• BeritaSaya. PR 1
• Populerkan. PR 2
• Bagikan. PR 1
• SitusPortal. PR 3
• Bookmark Indonesia. PR 2
• Beritague. PR 3
• BlogMarkit. PR 0
• Plaza Berita. PR 1
• Klowor. PR 1
• JadiTerkenal. PR 0
• BagiURL. PR 2
• BeritaPilihan. PR 0
• MyBlogPost. PR 1
• SosBok. PR 0
• Situsku PR 1
• Tunden. PR 2
• LenteraSEO. PR 1
• Dofollow.web.id. PR 1
• LintasanInfo. Pr 0

Ikutilah langkah-langkah berikut ini: 

  1. Buatlah akun pada masing-masing situs di atas tadi 
  2. Buatlah artikel baru pada blog yang akan dipromosikan 
  3. Pastikan artikel baru Miau Lovers sudah terindeks oleh Google. Caranya, masuk ke Google ketik site:url ( contoh: site:http://footprints-seo.blogspot.com ) lalu tekan enter untuk mencari apakah blog tersebut sudah terindeks atau belum. 
  4. Jika artikel blog Miau Lovers telah terindeks olh google, silahkan masukkan satu per satu ke akun situs social bookmark yang telah di buat tadi lalu posting artikel baru yang telah terindek tadi. 
  5. Postingan pada situs social bookmark bisa jadi terindeks lebih baik dari pada blog milik Miau Lovers. Jadi jika situs social bookmark ini bisa mendapat pengunjung dari Google, mereka akan mengarahkannya ke blog milik miau lovers. Apakah hanya sampai di situ? Masih ada lagi yang juga penting. Situs social bookmark ini juga ikut memberikan backlink ke halaman blog Miau Lovers. 

Itu adalah tips dasar yang sederhana dan bisa Miau Lovers lakukan dalam melakukan promosi blog. Meskipun sebenarnya masih banyak cara yang bisa di lakukan namun karena keterbatasan media tulisan ini Miau batasi sampai di sini dulu, Mudah-mudahan cara promosi blog di atas bisa membantu meningkatkan traffic atau kunjungan ke blog Miau Lovers dalam kurun waktu 1-6 bulan. Sekali lagi perlu di ingat bahwa ini semua sangat bergantung kepada waktu luang, kerja keras, dan kedisiplinan kita.
Annisa
Annisa Paket 30 Ilmu Pelet Paling Ampuh dan Minyak Pelet Birahi adalah produk keilmuan situs Kitab keilmuan Nusantara yang paling banyak diminati.

Post a Comment for "Cara memPROMOSIkan Blog"