Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APAKAH BACKLINK MASIH PENTING DI PERLUKAN UNTUK SITUS SAAT INI?

APAKAH BACKLINK MASIH PENTING DI PERLUKAN UNTUK SITUS SAAT INI? - Apakah backlink saat ini masih penting untuk situs kita adalah pertanyaan yang sering kali di tanyakan saat ini. Menurut saya sampai saat ini backlink masih sangat penting. Dengan catatan, bahwa porsi atau jumlah backlink untuk penentuan ranking suatu halaman situs saat ini sudah jauh berkurang. Jadi kesimpulannya dalah backlink masih penting tetapi sudah tidak sepenting dulu, hal ini sangat bergantung juga pada kondisi situs anda.

APAKAH BACKLINK MASIH PENTING DI PERLUKAN UNTUK SITUS SAAT INI


Jadi sekarang anda perlu mengetahui apakah saat ini backlink masih penting untuk situs anda ataukah tidak.

Ada tiga hal penting di dalam SEO yaitu Expertise, Authority, dan Trust disingkat E-A-T, jadi sebelum anda mulai dan harus memahami ketiga hal tersebut. Sebuah situs yang bisa mendapatkan pengakuan untuk suatu keahlian, otoritas, serta kepercayaan dalam suatu bidang tertentu, maka situs tersebut bisa dengan sangat mudah untuk memenangkan suatu kata kunci pada bidang tersebut tadi.

Expertise artinya adalah anda memiliki pengetahuan yang baik untuk niche situs yang di kelola. Anda bisa sangat memahami seluk beluk materi untuk mendapatkan hasil terbaik dari niche situs anda tersebut.

Authority artinya adalah pengetahuan anda sudah mendapatkan pengakuan dari banyak orang yang membutuhkan dari niche situs anda tersebut. Hal ini juga termasuk mendapatkan pengakuan dari situs situs pesaing anda yang membahas mengenai niche yang sama.

Trust artinya adalah anda tidak hanya mendapatkan pengakuan untuk pengetahuan yang anda miliki, tapi juga untuk integritas serta kredibilitas anda sebagai pemilik situs tersebut. Anda mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari online meskipun pengetahuan anda sudah diakui secara luas, jika dalam dunia internet anda dikenal sebagai orang yang sering mengambil keuntungan dengan cara cara yang kurang baik dari situs orang lain.

Backlink sebenarnya merupakan salah satu faktor saja yang digunakan oleh Google untuk menentukan seberapa diakuinya situs anda pada niche situs yang anda buat.

Selain backlink sebenarnya masih terdapat beberapa faktor yang cukup mempengaruhi untuk penilaian E-A-T dari Google terhadap situs anda. Beberapa diantaranya adalah:

  • Jumlah halaman situs anda yang terindex sangat besar, hal tersebut mencakup pembahasan yang sangat beragam di dalam suatu niche tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kita memang sangat menguasai sekali tentang niche tersebut.
  • Kualitas isi konten yang sangat baik serta bisa memberikan solusi masalah atas kebutuhan pengunjung situs anda, karena pengunjung yang terkesan dengan tulisan di situs anda akan menjadikannya sebagai rujukan di niche yang kita garap tersebut.
  • Performa situs yang baik dan membuat pengunjung merasa betah dan nyaman, hal ini akan memberikan kesan yang profesional dalam pengelolaan situs anda.
  • Fitur untuk penunjang situs, tujuannya untuk memudahkan para pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan seperti filter, maupun sistem pencarian konten atau artikel terkait lainnya.
  • Backlink yang akan menunjukkan bahwa situs anda sering dijadikan bahan rujukan oleh penulis situs lain di internet.
Sekarang terdapat banyak sekali situs yang berhasil mencapai posisi E-A-T yang cukup tinggi meskipun dengan jumlah backlink yang sangat sedikit, karena halaman situs yang terindeks bisa mencapai puluhan ribu, dan semuanya unik serta berkualitas, pengunjung juga puas dan nyaman dengan situsnya tersebut.

Bila tujuan anda hanya untuk meraih ranking terbaik di halaman pertama atau page one Google, maka anda bisa lakukan 3 cara berikut:

  1. Membuat situs dengan konten artikel yang sangat lengkap dan jumlah postingan yang sangat banyak serta memiliki kualitas yang baik.
  2. Membuat situs dengan isi materi yang sangat relevan dengan kata kunci yang anda targetkan, meskipun jumlah indeks halaman hanya belasan saja, hal ini tidak menjadi masalah selama anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dalam jumlah banyak.
  3. Keseimbangan antara kedua hal di atas, dengan anda membuat cukup banyak artikel yang berkualitas walaupun tidak sebanyak di poin pertama, dan anda mendapatkan banyak backlink berkualitas ke situs anda walaupun tidak sebanyak pada poin kedua.
Optimasi on-page juga harus anda lakukan dan bertujuan untuk memastikan situs anda sangat relevan dengan kata kunci yang di bidik tersebut, karena sebenarnya backlink hanya akan membantu menaikan peringkat halaman situs anda jika halaman tersebut memang sangat relevan dengan kata kuncinya.

Apa yang bisa kita simpulkan adalah bahwa backlink memang masih sangat berguna untuk bisa menaikkan peringkat situs anda di hasil pencarian google, tetapi hanya berfungsi dengan baik pada situs yang memang sangat relevan dan anda kelola dengan baik. Sekian dan semoga artikel APAKAH BACKLINK MASIH PENTING DI PERLUKAN UNTUK SITUS SAAT INI? bermanfaat untuk anda semua.
Annisa
Annisa Paket 30 Ilmu Pelet Paling Ampuh dan Minyak Pelet Birahi adalah produk keilmuan situs Kitab keilmuan Nusantara yang paling banyak diminati.

Post a Comment for "APAKAH BACKLINK MASIH PENTING DI PERLUKAN UNTUK SITUS SAAT INI?"