Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN APA ITU BACKLINK BERKUALITAS?

PENGERTIAN APA ITU BACKLINK BERKUALITAS? - Kenapa anda wajib mengetahui pengertian apa itu backlink yang berkualitas? Begini penjelasannya; apabila backlink ke situs anda tidak berkualitas, maka backlink yang masuk tersebut tidak akan berguna sama sekali atau bahkan malah membuat situs anda hancur jatuh dan terkena penalti Google.

Jadi bagi anda sekarang yang baru memulai untuk optimasi backlink ke situs, sebaiknya anda harus mengenali bagaimana ciri-ciri dari backlink yang berkualitas tersebut. Saya akan coba jelaskan hal ini dengan sederhana, supaya nantinya anda yang masih pemula dapat lebih mudah memahami isi artikel kami kali ini.
PENGERTIAN APA ITU BACKLINK BERKUALITAS

Apa Ciri-Ciri Backlink Berkualitas Baik



Semakin tinggi kualitas suatu backlink, maka pengaruhnya akan menjadi semakin besar terhadap peringkat situs anda pada suatu kata kunci tertentu yang di bidik. Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi kualitas dari backlink:

  1. Sumber backlinknya
    backlink yang berkualitas terbaik pasti berasal dari situs yang memiliki otoritas sangat tinggi, seperti menggunakan aged domain dan telah mempunyai TRUST yang tinggi. Hal ini ditandai dengan jumlah trafik yang cukup besar serta jumlah halaman yang terindeks sangat banyak.

  2. Backlink yang Relevan
    halaman yang di tanami backlink ke situs anda membahas topik yang sama atau memiliki keterkaitan dengan apa yang anda bahas.

  3. Backlink berkualitas haruslah dofollow
    jika backlink anda nofollow maka tidak akan bisa banyak membantu menaikan peringkat situs anda sama sekali

  4. Posisi backlinknya berada di dalam halaman
    Jumlah Poin terbesar backlink yang terpasang ada dalam konten artikel, posisi penempatan link juga sangat berpengaruh dalam sebuah artikel halaman situs, semakin atas posisinya maka akan semakin berkualitas baik.

  5. Kata kunci (anchor text)
    yang digunakan untuk backlink haruslah bervariasi

  6. Backlink berasal dari banyak nama domain
    semua domain harus mempunyai IP address C Class yang juga beragam. Syarat untuk C Class ini digunakan tujuannya untuk menghindari para peternak backlink yang biasanya mereka membuat banyak backlink dalam satu server yang sama.

  7. Backlink diletakan di antara narasi
    narasi yang sangat relevan dengan pembahasan dan rujukan linknya.

  8. Poin dari Page Authority
    halaman penempatan backlink memiliki Page Authority yang tinggi.

  9. Jumlah link keluar
    di dalam halaman tersebut tidak terlalu banyak memiliki link keluar.

  10. One way link
    pengertiannya adalah bahwa backlink berkualitas itu hanya menuju satu arah saja yaitu menuju ke situs anda. Dan tidak ada link dari situs milik anda yang menuju ke arah situs sumber backlink tadi. Kebalikan dari istilah one way link adalah reciprocal link.
Apabila backlink ke situs anda bisa memenuhi kriteria yang saya sebutkan di atas, maka itu sudah merupakan suatu backlink yang berkualitas. Lalu kenapa tidak perlu untuk memenuhi semua poin yang di jelaskan di atas tadi? Karena untuk bisa memenuhi semua poin poinnya merupakan hal yang amat sangat sulit untuk di lakukan.

Banyak yang bertanya apakah dia sebaiknya harus mencari backlink yang berkualitas saja? Bagaimana jika yang didapatkan hanya sumber backlink dengan poin yang memiliki standar biasa? Kalau memang hanya itu yang didapatkan dari sumber backlink yang standar, silahkan dipasang saja daripada tidak ada backlink sama sekali.

Tapi perlu anda ingat bahwa dalam satu nama domain jangan terlalu banyak dipasangi backlink ke situs anda. Jauh lebih baik bermain aman saja dengan cari mendapatkan backlink dari beragam nama domain dan ekstensinya saja.

Jumlah backlink ke situs anda menjadi semakin banyak di butuhkan jika onpage dari halaman situs anda sangat kurang memadai. Tapi kadang ada juga suatu kondisi di mana backlink yang berkualitas sekalipun tidak bisa membantu kenaikan peringkat sama sekali karena kondisi onpage halaman situsnya terlalu buruk.

Kenapa Domain TLD Tidak Masuk kedalam Faktor Penentu Kualitas?



Domain TLD memang tidak termasuk kedalam faktor penentu dari kualitas backlink. Selama ini banyak beredar mitos jika domain TLD dengan ekstensi .gov dan .edu memiliki poin nilai lebih. Padahal hal tersebut hanyalah mitos belaka dan sebenarnya tidak berpengaruh sama sekali. Awal munculnya mitos ini dikarenakan situs-situs dengan ekstensi .gov dan .edu biasanya memang dikelola dengan serius serta profesional. Jadi situs-situs dengan domain TLD .gov dan .edu ini biasanya memang memiliki otoritas yang sangat tinggi.

Semakin serius suatu situs dengan ekstensi .gov dan .edu dikelola, biasanya anda akan semakin sulit untuk mendapatkan backlink dari situs-situs tersebut. Jika berhasil mendapatkan backlink dari ekstensi domain .edu atau .gov belum tentu backlinknya berkualitas tinggi hanya karena memakai kedua ekstensi TLD ini malahan banyak yang spam scorenya sangat tinggi.

Domain dengan ekstensi TLD apapun yang digunakan jika memang situsnya dikelola dengan baik dan serius, maka bisa menjadi sumber backlink dengan otoritas yang tinggi dan berkualitas baik. Semoga bermanfaat.
Annisa
Annisa Paket 30 Ilmu Pelet Paling Ampuh dan Minyak Pelet Birahi adalah produk keilmuan situs Kitab keilmuan Nusantara yang paling banyak diminati.

Post a Comment for "PENGERTIAN APA ITU BACKLINK BERKUALITAS?"